MTs Negeri 1 OKU Timur : Penyerahan Trofi dan Piagam Kepada Pemenang

 







[Foto : Penyerahan Trofi dan piagam kepada para juara]


Humas MTs Negeri 1 OKU Timur (30/08/2021) | Oleh M.A.M

Penyerahan Trofi dan Piagam kepada SYAQILLA FEBRIA NASYA PUTRI yang telah berhasil mendapatkan juara II pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang studi IPS Terpadu. Kompetisi Sains Madrasah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur diadakan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Sukaraja, pada hari Minggu, 22 Agustus 2021. Para pemenang 3 besar akan berlanjut ke Kompetisi Sains Madrasah tingkat provinsi.

Hari ini, Senin 30 Agustus 2021 juga sekaligus merupakan pembagian hadiah dan piagam kepada para pemenang lomba Tilawah dan Tausiyah putra-putri dalam rangka memperingati tahun baru 1 Muharram yang diadakan pada tanggal 08 Agustus 2021 di MTs Negeri 1 OKU Timur. 



Share:

MTs Negeri 1 OKU Timur menyabet juara II pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 Tingkat Kabupaten OKU Timur

 



[Foto Peserta KSM Tingkat Kabupaten dan Guru MTs Negeri 1 OKU Timur]

Humas MTs Negeri 1 OKU Timur (28/08/2021) | Oleh M.A.M

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.
Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.
Kompetisi Sains Madrasah 2021 hanya dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat)

Pada Kompetisi Sains Madrasah tahun 2021 ini, MTs Negeri 1 OKU Timur mengirimkan 3 siswa-siswi terbaik dibidangnya masing-masing. Tiga Siswa/i MTs Negeri 1 OKU Timur tersebut adalah:

    1. Syaqila Febria Nasya Putri (IPS)

    2. Amanullah Adz Dzaky (IPA),

    3. Dzakiya Dinayah Fadhihilah (MTK)

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, diadakan di Madrasah Aliyah Nurul Huda pada Minggu, 22 Agustus 2021. Pada kompetisi tersebut, salah satu siswa MTs Negeri 1 OKU Timur berhasil mendapatkan juara II bidang IPS Terpadu Terintegrasi yaitu SYAQILLA FEBRIA NASYA PUTRI.

Untuk selanjutnya, Syaqilla akan diikutsertakan pada Kompetisi Sains Madrasah tingkat provinsi. Semoga Syaqilla dapat mengharumkan nama MTs Negeri 1 OKU Timur di ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat provinsi tersebut. Aamiin

 


Share:

Supervisi Administrasi Guru Oleh Kepala MTs Negeri 1 OKU Timur

 






[Foto: Kegiatan Supervisi Administrasi guru MTs Negeri 1 OKU Timur]


Humas (25/08/2021) MTs Negeri 1 OKU Timur|Oleh M.A.M

Nur Ainah, S.Pd.I selaku Kepala MTs Negeri 1 OKU Timur sedang melakukan pengawasan administrasi guru atau disebut Supervisi Administrasi pendidikan. Secara sematik, Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar pada khususnya.

Supervisi pendidikan bertujuan untuk perbaikan proses belajar-mengajar secara total; hal ini berarti tujuan supervise tidak hanya memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru dalam arti luas termasuk didalamnya pengadaan fasilitas yang menunjang kelancaran proses belajar-mengajar, peningkatan mutu pengetahuan dan ketrampilan guru-guru, pemberian bimbingan dan pembinaan dalam hal implementasi kurikulum, pemilihan dan penggunaan metode mengajar, alat-alat pengajaran, prosedur dan teknik evaluasi pengajaran dan sebagainya.

Kepala MTs Negeri 1 OKU Timur, Nur Ainah, S.Pd.I mengatakan “supervisi pendidikan perlu di lakukan secara konsisten untuk Membangkitkan dan merangsang semangat guru-guru dan pegawai sekolah lainnya dalam menjalankan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya”. Lebih lanjut, supervisi pendidikan memiliki tujuan khusus yaitu :

1. 1.   Berusaha mengadakan dan melengkapi alat-alat peerlengkapan termasuk macam-macam media intruksional yang diperlukan bagi kelancaran proses belajar mengajar yang baik.

2. 2.   Bersama guru-guru berusaha mengembangkan, mencari dan mengginakan metode-metode baru dalam proses belajar-mengajar yang lebih baik.

3.  3.   Membina kerjasama yang harmonis antara guru-guru, murid dan pegawai sekolah lainnya.

4. 4.  Berusaha memertinggi mutu dan pengetahuan guru-guru dan pegawai sekolah lain, antara lain dengan mengadakan workshop, seminar, inservice-training, atau up-grading.

Share:

Sekolah Tatap Muka Di Masa Pandemi

 




[Foto: Proses Belajar-Mengajar dengan protokol kesehatan]


Humas (24/08/2021) MTs Negeri 1 OKU Timur| Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China. Pada akhir Desember 2019 Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran virus ini.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang tertutup yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Dengan diberlakukannya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah Indonesia, maka berdampak juga kepada proses belajar-mengajar di sekolah-sekolah termasuk di MTs Negeri 1 OKU Timur. Di masa pandemi, sekolah memberlakukan kebijakan sekolah daring (online) selama beberapa minggu.

Masuk tahun ajaran baru yaitu tahun ajaran 2021/2022 ini, sekolah MTs Negeri 1 OKU Timur mulai menerapkan sekolah tatap muka pada Senin, 16 Agustus 2021. Penerapan sekolah tatap muka tentu saja  dilakukan dengan syarat wajib mematuhi protocol kesehatan 5M yaitu :

1.      1. Mencuci tangan

2.     2.  Memakai Masker

3.     3. Menjaga jarak

4.      4. Menjauhi kerumunan

5.      5. Membatasi mobilitas

Diharapkan dengan diberlakukannya sekolah tatap muka dan mematuhi protokol kesehatan, kegiatan belajar mengajar di sekolah MTs Negeri 1 OKU Timur dapat berjalan dengan baik dan efektif. Serta dapat memutus mata rantai baru penularan virus Covid19. [MAM]

Share:
5 HAL
Bantu hentikan virus corona
1
TANGANCuci lebih sering
2
SIKUUntuk menutup mulut saat batuk
3
WAJAHJangan disentuh
4
JARAKJaga jarak aman
5
RUMAHUsahakan di rumah saja.

Pengumuman Penting

Postingan Populer

Artikel Terbaru