Kegiatan Simulasi ANBK Mts Negeri 1 OKU Timur

 



[Foto: Pemberian Arahan oleh guru sebelum simulasi ANBK dimulai]



[Foto: Simulasi ANBK Mts Negeri 1 OKU Timur]


Humas (23/08/2021) Mts Negeri 1 OKU Timur| Sejumlah siswa-siswi Mts Negeri 1 OKU Timur sedang melakukan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Lab Komputer Mts Negeri 1 OKU Timur yang dibimbing oleh Bu Ika Pratiwi, S.Pd dan Bu Sartika, S.Pd.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pemerintah telah menghapus Ujian Nasional (UN) dan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah ditiadakan. Sebagai gantinya, Pemerintah (dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan sebuah program yang dinamakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu  Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. [MAM]

Share:
5 HAL
Bantu hentikan virus corona
1
TANGANCuci lebih sering
2
SIKUUntuk menutup mulut saat batuk
3
WAJAHJangan disentuh
4
JARAKJaga jarak aman
5
RUMAHUsahakan di rumah saja.

Pengumuman Penting

Postingan Populer

Artikel Terbaru