Sekolah Tatap Muka Di Masa Pandemi

 




[Foto: Proses Belajar-Mengajar dengan protokol kesehatan]


Humas (24/08/2021) MTs Negeri 1 OKU Timur| Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China. Pada akhir Desember 2019 Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran virus ini.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang tertutup yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet.

Dengan diberlakukannya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah Indonesia, maka berdampak juga kepada proses belajar-mengajar di sekolah-sekolah termasuk di MTs Negeri 1 OKU Timur. Di masa pandemi, sekolah memberlakukan kebijakan sekolah daring (online) selama beberapa minggu.

Masuk tahun ajaran baru yaitu tahun ajaran 2021/2022 ini, sekolah MTs Negeri 1 OKU Timur mulai menerapkan sekolah tatap muka pada Senin, 16 Agustus 2021. Penerapan sekolah tatap muka tentu saja  dilakukan dengan syarat wajib mematuhi protocol kesehatan 5M yaitu :

1.      1. Mencuci tangan

2.     2.  Memakai Masker

3.     3. Menjaga jarak

4.      4. Menjauhi kerumunan

5.      5. Membatasi mobilitas

Diharapkan dengan diberlakukannya sekolah tatap muka dan mematuhi protokol kesehatan, kegiatan belajar mengajar di sekolah MTs Negeri 1 OKU Timur dapat berjalan dengan baik dan efektif. Serta dapat memutus mata rantai baru penularan virus Covid19. [MAM]

Share:
5 HAL
Bantu hentikan virus corona
1
TANGANCuci lebih sering
2
SIKUUntuk menutup mulut saat batuk
3
WAJAHJangan disentuh
4
JARAKJaga jarak aman
5
RUMAHUsahakan di rumah saja.

Pengumuman Penting

Postingan Populer

Artikel Terbaru