Asyiknya Praktik Mapel SBdP, Melukis Baju Dengan Teknik Ecoprint

 



Martapura, Humas

Kegiatan praktik mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) bimbingan Kurnia Dama Yanti, S.Pd selaku guru mata pelajaran SBdP. Siswa-siswi  kelas IX MTs Negeri  1 OKU Timur sangat antusias dalam mengikuti kegiatan praktik melukis dengan teknik ecoprint di beberapa kaos putih polos. (31/8)

Ecoprint sendiri adalah teknik memberi warna dan corak (motif) pada kain, kulit atau bahan lainnya menggunakan bahan alami. Yakni beragam jenis daun, bunga, kayu, atau bagian tanaman lainnya yang memiliki warna dan corak yang khas. Ada dua teknik membuat ecoprint yaitu dengan teknik pounding (dipukul) dan teknik mengukus. Pada materi ini siswa mempraktikkan teknik pounding (dipukul).

Langkah pertama adalah mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan seperti daun, bunga, tangkai, tanaman liar ataupun rumput yang ada di sekitar kita, tawas, air, baskom, kaos putih polos, plastik, palu. Selanjutnya bentangkan kaos bagian dalam didasari plastik dan diantara plastik dan kain kita tata daun-daun, ranting, bunga, ataupun rumput-rumput hijau sedemikian rupa sehingga membentuk ragam hias flora yang indah. Bagian atas kain diberi plastik, setelah itu pukul daun, bunga, ranting menggunakan palu sesuai pola yang sudah dibuat sampai terbentuk polanya di kain yang hasilnya nanti akan muncul pada kain bagian atas sesuai warna dari daun dan bunga tersebut.

“Alhamdulillah anak-anak sangat antusias praktik melukis kali ini ya walaupun agak berisik dan mungkin mengganggu kelas lain karena kan kita pukul di meja. Terlepas dari itu tujuan praktik melukis ini untuk meningkatkan kreatiitas, imajinasi dan melatih kekompakan antar siswa” ujar Kurnia selaku guru mapel. (MAM)


Share:
5 HAL
Bantu hentikan virus corona
1
TANGANCuci lebih sering
2
SIKUUntuk menutup mulut saat batuk
3
WAJAHJangan disentuh
4
JARAKJaga jarak aman
5
RUMAHUsahakan di rumah saja.

Pengumuman Penting

Postingan Populer

Artikel Terbaru