Peringatan Hari Santri Nasional MTs Negeri 1 OKU Timur Tahun 2022


 

Martapura, Humas

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022, MTs Negeri 1 OKU Timur menyiapkan beberapa kegiatan seperti Upacara Hari Santri Nasional, menyanyikan lagu hari santri (Santri Siaga Jiwa Raga), serta lomba kaligrafi yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi MTs Negeri 1 OKU Timur mewakili kelasnya masing-masing. (22/10)

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri Nasional dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri Nasional mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Kepala Madrasah, Nur Ainah,S.Pd.I dalam amanatnya menyampaikan “Selamat Hari Santri Nasional untuk seluruh santri yang ada di Indonesia”. Beliau juga menyampaikan pidato Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas  yaitu “melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawanterutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT”.

Kegiatan upacara Hari Santri Nasional Tahun 2022 di MTs Negeri 1 OKU Timur dilanjutkan dengan kegiatan lomba menulis kaligrafi dengan kriteria penilaian adalah kejelasan huruf, kejelasan harokat, dan keindahan tulisan.

Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi MTs Negeri 1 OKU Timur dapat mempunyai rasa tenggang rasa terhadap santri-santri bahkan masyarakat pada umumnya. Dengan tetap menjunjung tinggi sifat santun, rendah hati, dan tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, serta ajaran Islam rahmatan lil'alamin serta luhur bangsa Indonesia. (MAM)

Share:

Supervisi Guru MTs Negeri 1 OKU Timur Oleh Kepala Madrasah



 

Martapura, Humas

Kegiatan supervisi guru MTs Negeri 1 OKU Timur oleh kepala madrasah, Nur Ainah, S.Pd.I sebagai salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu pengajar MTs Negeri 1 OKU Timur. (20/10)

Supervisi guru atau biasa dikenal supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional, yang muaranya kepada peningkatan mutu lulusan peserta didik.

Nur Ainah sebagai kepala madrasah mengatakan “Supervisi ini tujuan utamanya untuk mengevaluasi bagaimana guru dalam mengelola kelasnya, bagaimana guru dalam menyampaikan materi sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang unggul”

Dalam pelaksanaannya, Supervisi dilakukan kepada 62 guru MTs Negeri 1 OKU Timur secara bergantian, kriteria penilaian meliputi bagaimana guru member motivasi, menyiapkan fisik dan psikis peserta didik, kemampuan menyesuaikan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan iptek, dan kehidupan nyata, penguasaan kelas serta melaksanakan pembelajaran sesuai alokasi waktu.

Beliau menambahkan “Dengan adanya kegiatan supervisi ini saya berharap dapat menjadi evaluasi bagi guru-guru kita untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran, gunakan semua fasilitas madrasah yang diperlukan sehingga tercapai proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan” tegasnya. (MAM)

Share:

Lomba Senandung Asmaul Husna Sebagai Tanda Cinta Kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW



 

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah, MTs Negeri 1 OKU Timur gelar lomba senandung asmaul husna yang berlokasi di lapangan utama madrasah. (11/10).

Acara dimulai dengan penampilan grup hadroh MTs Negeri 1 OKU Timur yang dilanjutkan dengan pembacaan tilawatil qur'an serta sambutan kepala madrasah yang diwakili oleh bapak Muh. tarmidi, S.Ag MM.

Muh. Tarmidi dalam sambutannya menyampaikan “Mudah mudahan kebiasaan ini dapat selalu kita teruskan sebagai tanda cinta kita kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Karena menurut hadist riwayat Bukhari dan Muslim,  “Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.”  Itu ya nak”

Peserta lomba merupakan perwakilan setiap kelas sehingga jumlah peserta lomba senandung asmaul husna ini adalah sebanyak 30 kelompok peserta. Kriteria penilaian lomba tersebut mencakup 3 kriteria yaitu  irama, kekompakan dan keserasian baik itu kostum maupun bacaan, serta makhrojul huruf. (MAM)


Share:
5 HAL
Bantu hentikan virus corona
1
TANGANCuci lebih sering
2
SIKUUntuk menutup mulut saat batuk
3
WAJAHJangan disentuh
4
JARAKJaga jarak aman
5
RUMAHUsahakan di rumah saja.

Pengumuman Penting

Postingan Populer

Artikel Terbaru